Sunday, December 23, 2012

DIA MELEWATI RASA TAKUT




Anak laki2 saya baru saja melewati satu fase dalam kehidupannya; yaitu "ketakutan". Dia selama ini begitu takut berdiri didepan kelas melaksanakan presentasi atas "project" yang telah dia buat. Saya memperhatikan, sudah beberapa kali dia membuat project, namun dia selalu berlindung dibalik "waktu" untuk tidak memaparkan hasil kerjanya. Memang betul tidak semua murid dikelas bisa memaparkan projectnya karena waktu yang terbatas.

Sebelumnya, semua kegiatan apapun dia tidak pernah merasa takut, tapi untuk yang satu ini; paparan di depan kelas, dia selalu menghindar.

Saya memahami setiap orang mengalami "fase takut"nya masing-masing. Dan sebagian besar dari kita sudah melewati masa itu dan masih akan mengalami hal-hal lain yang bisa membawa kita kepada rasa takut lain. Saya selalu membujuk anak saya untuk berani tampil, karena dengan begitu dia akan melatih dirinya untuk dapat menghadapi tantangan yang lebih hebat lagi dikemudian hari.

Malam sebelum melaksanakan paparan, dia datang kekamar saya dengan membawa hasik project nya. Dia bertanya, Pak bagaimana cara adek paparan besok. Kemudian saya memberi contoh beberapa tekhnik bicara di depan audience, dan dia mempraktekannya. Dia tekun menyimak apa yang saya latihkan dan melakukan latihan secara berulang-ulang.

Keesokan paginya saya lihat dia masih agak bimbang untuk mau memaparkan projectnya tersebut. Namun sebelum berangkat kantor, saya masih menyempatkan diri meyakinkan dia bahwa akan sangat baik bagi dia, bila mampu memaparkan hasil karyanya tersebut.

Baiklah saya tidak akan memperpanjang cerita tentang rasa takut itu, namun saya hanya ingin menyampaikan bahwa dampak dari keberhasilan anak saya mengatasi rasa takutnya yang membuat saya heran.

Hari Jumat malam kemarin, setelah dia kembali dari sekolah dia duduk didepan komputer dan melakukan sesuatu. Dan tadi siang dia dengan bangga menunjukkan kepada saya hasil karyanya di komputer tersebut; sebuah Blog...!!!! Ya, dia sekarang mempunyai blog pribadi yang bernama Hola Guys.

Saya sungguh terharu ketika membaca tulisan pertamanya di Blog pribadi yang dia desain dengan belajar otodidak karena memperhatikan bapaknya yang sering membuka Blog.

Tulisan pertama dia ternyata adalah bagaimana dia mengungkapkan pikirannya dalam mengatasi ketakutan itu. Itu sungguh membanggakan bagi saya. Lebih bangga lagi dia telah mengatasi salah satu ketakutan tersebut, melewatinya dan menghasilkan sesuatu dari pengalaman ketakutan itu.

Berikut saya share sebuah blog dengan tulisan pertama dia; FACING YOUR FEAR; sebagaimana link dibawah ini

http://www.holaguys.blogspot.com/2012/12/facing-your-fear.html?m=1

Memang baik, kita belajar dari sesuatu..



No comments:

Post a Comment