Monday, December 7, 2015

Masukan Atas RUU Miras Beralkohol



26 November 2015 yang lalu saya selaku Direktur Ditreskrimum Polda Metro Jaya diundang untuk memberikan masukan pada Rapat Dengar Pendapat yang diadakan oleh Pansus RUU Miras Beralkohol. Saya datang beserta AKBP Ferdy Sambo, Wakil Direktur, dan beberapa anggota memberikan masukan kepada pansus tentang beberapa poin yang kami anggap penting untuk disertakan di dalam RUU tersebut. Pada tulisan kali ini saya akan membahas beberapa poin yang kami sampaikan kepada Pansus tersebut.


Inisiatif untuk membentuk sebuah RUU tentang minuman keras beralkohol (miras beralkohol) merupakan suatu inisiatif yang perlu diapresiasi. Saya rasa tidak ada yang menolak bahwa miras beralkohol membutuhkan sebuah pengaturan tersendiri. Pengaturan ini berkaitan dengan fakta bahwa di Indonesia miras beralkohol seringkali dibuat secara illegal dengan konsekuensi yang mematikan. Saya tidak menafikan fakta bahwa umat Islam di Indonesia menganggap miras beralkohol sebagai sesuatu yang haram, akan tetapi sebagai penegak hukum saya berpijak pada kebijakan negara yang mengizinkan penjualan miras beralkohol ditengah masyarakat.


Sebagai bagian dari Polri, fokus saya pada rapat tersebut lebih kepada efek-efek yang berkaitan dengan miras beralkohol dan hukum pidana di Indonesia. Kami mendorong adanya batasan-batasan yang tegas terkait konsumsi miras beralkohol ini, batasan tersebut antara lain terkait dengan umur, level konsumsi miras, serta waktu-waktu diman miras beralkohol dapat dikonsumsi dengan legal..


Kami tentunya mendorong pembatasan dengan tegas penjualan miras kepada mereka yang dibawah umur. Merujuk kepada Undang-Undang Perlindungan Anak, maka mereka yang berumum dibawah 18 tahun tergolong anak-anak dan dengan demikian tidak seharusnya dapat mengakses miras beralkohol, lebih lagi membelinya. Seseorang yang belum berusia dewasa lebih dikhawatirkan tidak memiliki kemampuan untuk memahami konsekuensi tindakan mereka sendiri. Konsumsi miras beralkohol yang berlebihan dapat diikuti dengan tindakan-tindakan yang tidak bertanggungjawab, sudah banyak kejadian konsumsi yang berlebihan diikuti dengan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas dan tindak pidana lainnya.


Salah satu penekanan kami adalah terkait batasan legal konsumsi miras beralkohol dan penegakannya. Batasan legal ini mungkin tidak terasa urgensinya saat ini di Indonesia, akan tetapi ketentuan seperti sudah umum digunakan di negara-negara Amerika dan Eropa. Batasan legal ini berkaitan dengan banyak hal, yang pertama tentunya tentang kategorisasi miras beralkohol. RUU ini memasukkan kategorisasi tersebut yang dengan demikian dapat kembali dilanjutkan ke tahapan berikutnya tentang batas legal konsumsi miras beralkohol.


Para pembaca mungkin terbiasa dengan istilah mabuk dan kondisi yang menyertainya. Mungkin sudah pernah ada yang melihat atau bahkan mengalaminya. Seseorang yang mengkonsumsi miras beralkohol dan mengalami kondisi mabuk ini secara umum akan kehilangan kesadaran dan kemampuan bernalar secara optimal. Beberapa kasus perkosaan terjadi karena korbannya dalam kondisi mabuk, kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kerugian harta benda bahkan korban jiwa pun terjadi dalam kondisi mabuk. Pada kondisi seperti inilah pengetatan aturan dan penegakan atas konsumsi miras beralkohol mutlak dilakukan.


Di Indonesia batasan ini tidak tercantum secara jelas di dalam peraturan perundang-undangan. Salah satu aturan yang dapat dirujuk adalah Undang-Undang No. 22 Tahun 2008 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada Pasal 311 Undang-Undang tersebut disebutkan:


(1) Setiap orang yang dengan sengaja mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan bagi nyawa atau barang dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp3.000.000,00 (tiga juta rupiah).


(2) Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan kerusakan Kendaraan dan/ atau barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (2), pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp4.000.000,00 (empat juta rupiah).


(3) Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan korban luka ringan dan kerusakan Kendaraan dan/atau barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (3), pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun atau denda paling banyak Rp8.000.000,00 (delapan juta rupiah).


(4) Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan korban luka berat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (4), pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun atau denda paling banyak Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah).


(5) Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) mengakibatkan orang lain meninggal dunia, pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah).


Ayat (1) pada Pasal ini menyebutkan unsur ‘setiap orang yang dengan sengaja mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan bagi nyawa.’ Pada konteks ini, salah satu keadaan yang memenuhi unsur ‘dengan cara atau keadaan yang membahayakan bagi nyawa atau barang’ adalah kondisi terpengaruh miras beralkohol. Akan tetapi diperlukan sebuah standar mengenai batas apa yang terhitung sebagai ‘membahayakan’ sehingga penindakan dapat efektif.


Kita dapat merujuk ke Amerika sebagai contoh. Penetapan batasan legal konsumsi miras merupakan hal yang berlaku di seluruh negara bagian. Walaupun  tidak seluruh negara bagian menetapkan standard yang sama, seluruh negara bagian secara umum memiliki batasan legal konsumsi miras dalam konteks lalu lintas. Seseorang walaupun tidak dalam kondisi mabuk tapi melebihi batas legal konsumsi alcohol dapat dikenakan pidana hingga berujung ke pencabutan izin mengemudi dan tidak diterbitkannya lagi izin tersebut. Penegakan hukum yang demikian tegas adalah hal yang wajar mengingat di Amerika Serikat tercatat setiap harinya sampai 30 orang tewas di dalam kendaraan bermotor karena pengemudi yang terpengaruh alcohol (alcohol-impaired driver), ini artinya terdapat satu kematian setiap 51 menit. Total kerugian pertahun karena kecelakaan yang berkaitan dengan konsumsi alcohol mencapai lebih dari $59 Milyar.[1]


Pada konteks lain, konsumsi alcohol dan pengaruhnya dapat juga berpengaruh kepada kredibilitas seorang saksi. Di dalam buku ‘New York Evidence Handbook: Rules, Theory, and Practice’ dinyatakan bahwa seorang saksi dapat dikesampingkan kesaksiannya apabila saksi tersebut dapat dibuktikan terpengaruh akalnya karena konsumsi obat (tidak harus obat terlarang) maupun konsumsi alcohol. Para Juri dalam peradilan Amerika dalam pemeriksaan kredibilitas seorang saksi, dapat memutuskan menerima atau tidak kesaksian seorang saksi hanya dari terpengaruh tidaknya saksi tersebut karena konsumsi alkoholnya.


Pendekatan pemidanaan ini adalah satu sisi mata uang dimana sisi lainnya adalah pemulihan terhadap pecandu miras beralkohol.  Sebagaimana diberlakukan terhadap pengguna narkoba, pemulihan terhadap pecandu alcohol tidak jauh berbeda, karena sesungguhnya mereka pun adalah korban yang membutuhkan bantuan. Dalam hal ini pemerintah dapat mengambil peran untk melindungi warga negaranya.


Seperti kampanye ‘Brenti Jo Bagate’ di Sulawesi Utara yang dicanangkan pada 2011 oleh Irjen Pol Dicky Daantjee Atotoy yang saat itu merupakan Kapolda Sulawesi Utara. Slogan ini memiliki arti untuk berhenti meminum minuman keras dengan berlebihan atau berhenti mabuk-mabukkan. Salah satu pemicunya adalah tingginya angka kriminalitas akibat adanya konsumsi miras beralkohol secara berlebihan. Program dan inovasi seperti ini merupakan salah satu bentuk kepedulian negara terhadap kesejahteraan warga negaranya yang perlu juga mendapat pertimbangan sebagai kebijakan dalam tingkat peraturan perundang-undangan.
Pencanangan gerakan di Kab. Bolaang Mongondow


Kita tentu tidak menghendaki pemidanaan sebagai solusi atas semua permasalahan. Pemidanaan seperti dijelaskan oleh Prof. Sudikno Mertokusumo seyogyanya memang ditempatkan sebagai ultimum remedium atau upaya terakhir ketika upaya lain tidak dapat dipenuhi. Dalam konteks ini, seseorang yang pecandu miras beralkohol dan berpotensi melakukan tindak pidana yang lebih berat sebaiknya mendapat ruang pemulihan dari negara. Pendekatan seperti ini selain dapat menghindarkan seseorang dari melakukan tindak pidana, dapat juga mencegah jatuhnya korban jiwa maupun harta benda sebagai akibat tindakan yang dilakukan oleh seorang pecandu.


Pada dasarnya saran dari kami meliputi upaya pencegahan dan penindakan tindak pidana. Saran-saran tersebut merupakan hasil refleksi atas peran yang kami emban selama ini. Baik dari pengalaman-pengalaman di lapangan maupun dari proses-proses pendidikan dan interaksi yang kami dapatkan dari berbagai sumber. Kami berharap wacana penting dalam RUU ini dapat pula tersebar dan menjadi perhatian di tengah-tengah masyarakat. Karena partisipasi masyarakat dalam pembentukan dan penegakan hukum merupakan hal yang sangat penting untuk kemajuan Indonesia.


Salam






[1] http://www.cdc.gov/motorvehiclesafety/impaired_driving/impaired-drv_factsheet.html

33 comments:

  1. artikel yang layak u/dibaca sebagai dasar knowledge saya khususnya dan pengunjung blog ini umumnya. salam kenal pak krishna.

    ReplyDelete
  2. Artikel yang bagus komandan......mohon ijin komandan UU No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkitan Jalan

    ReplyDelete
  3. Mohon maaf bapak, bukankah kebanyakan/lebih sering kalo pelakunya yg dalam keadaan mabuk(pada kasus perkosaan). Dan saya sangat setuju diberlakukannya RUU tentang minuman keras beralkohol (miras beralkohol). Btw terima kasih untuk share artikelnya

    ReplyDelete
  4. Saya dukung pembhsan RUU tentang MIRAS

    ReplyDelete
  5. Saya dukung pembhsan RUU tentang MIRAS

    ReplyDelete
  6. Nice info.
    Brantas Habis aja pak,karena minuman keras adalah awal orang mengenal mabuk kalo di biarkan lama2 akan meningkat ke Narkoba.
    Sangat Berbahaya

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Artikel bagus yg perlu dibaca bisa juga buat referensi tugas makalah kampus ttg kenal hukum ,ijin cp pak kombes ..

    ReplyDelete
  10. Pak tolong bantu saya, saya telah di bohongi atas info penerimaan pt.pupuk sriwidjaja
    Dan saya telah mentransfer uang sebesar 1,1 juta pak
    Tolong saya pak
    Nama saya samuel simanjuntak pak
    Asli saya orang medan saya domisili sekarang di bandung jatinangor pak
    Saya bingung melaporkan kemana
    Ini nmr saya pak
    082299680580
    Mohon bantuannya pak

    ReplyDelete
  11. : 0852 – 1113 – 3136 ini nomor hrd yang nipu pak saya hubungi gak diangkat

    ReplyDelete
  12. : 0852 – 1113 – 3136 ini nomor hrd yang nipu pak saya hubungi gak diangkat

    ReplyDelete
  13. Pak tolong bantu saya, saya telah di bohongi atas info penerimaan pt.pupuk sriwidjaja
    Dan saya telah mentransfer uang sebesar 1,1 juta pak
    Tolong saya pak
    Nama saya samuel simanjuntak pak
    Asli saya orang medan saya domisili sekarang di bandung jatinangor pak
    Saya bingung melaporkan kemana
    Ini nmr saya pak
    082299680580
    Mohon bantuannya pak

    ReplyDelete
  14. alkohol memang lebih banyak buruknya di indonesia ini, sebaiknya penjualannya dibatasi atau lebih baik dilarang sama sekali.

    ReplyDelete
  15. Pak Polisi saya mau komplain kenapa yg ditangkap atas kasus penistaan agama hanya yg menistakan agama mayoritas saja, sedangkan orang-orang yg menistakan agama minoritas dibiarkan berkeliaran, kapan Pak Polisi jalan-jalan ke yahoo answer bagian Agama & Kepercayaan, disitu Agama minoritas dilecehkan dan dihina habis-habisan. Tolong Pak Polisi basmi penista agama di Indonesia, basmi tanpa ada yg melaporkan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  16. Semoga ada tulisan baru segera ya Pak.Padahal keren banget buat nambahin konten positif di dunia maya. Sekaligus bantu Polri sendiri untuk meningkatkan campaign #SebarkanBeritaBaik. Sukses terus Pak KM.

    ReplyDelete
  17. Hoby Main TOGEL/POKER/BOLA? Ayo Gabung di HALOTOTO

    * Bonus New Depo 10 rb
    * Bonus TO 0.5%
    * Bonus Reff 20%
    * Discount Togel
    4D : 66 % |X3000
    3D : 59 % |X400
    2D : 29 % |X70

    * HOT PROMO BERLAKU SEMUA PASARAN

    PROMO JP NOMOR HP :
    4D NO HP : 3000.000
    3D NO HP : 500.000
    2D NO HP : 100.000

    LINK DAFTAR Togel : WWW. REJEKIKITA .COM
    LINK DAFTAR POKER : WWW. HLOQQ. INFO

    Info Lanjut :
    WA:+62 853-1157-2784
    BBM:E35CCA80

    ReplyDelete
  18. Poker online adalah salah satu permainan yang mudah dimenangkan apabila sudah mengetahui cara bermain yang baik dan juga strategi yang tepat. Banyak pilihan situs poker online yang menawarkan promo menarik, salah satunya adalah pokerace. Ada banyak bonus yang siap menunggu anda. Bonus ini bisa Anda dapatkan dengan mendaftar sebagai member dengan cara mengisi data diri secara lengkap dan valid, setelah itu Anda akan mendapatkan id untuk bermain pokerace. Jadi buruan daftar pokerace sekarang juga.

    ReplyDelete
  19. Jika mereka tidak mempunyai kurang lebih yang jadi barter, itu akan menggunakan diri tersebut sendiri aja
    hobiqq
    dewaqq
    sumoqq
    interqq

    ReplyDelete
  20. VAZBET - AGEN SBO CASINO !
    Kami Mengajak kalian yang suka bermain
    * Baccarat - Blackjack
    * Roulette - Sicbo
    Ayo Menangkan Jutaan Rupiah Dari Website Kami !
    - Deposit Awal 50.000 - 199.000 = Bonus 10%
    - Deposit 200.000++ = Bonus 20%! (maksimal 1.000.000,-).
    - Komisi 0.8% Dihitung dari jumlah TO yang dicapai per-minggu.
    - Syarat Withdraw Hanya 3X Dari jumlah Deposit!
    - Selanjut Minimal Deposit 25.000,-

    ReplyDelete
  21. MAWARTOTO | AGEN TOGEL ONLINE | BANDAR TOGEL ONLINE TERPERCAYA 2020 | SITUS AGEN TOGEL ONLINE TERPERCAYA 2020 | AGEN TOGEL ONLINE SINGAPORE | AGEN TOGEL ONLINE HONGKONG | AGEN TOGEL SIDNEY

    Yang Merupakan AGEN TOGEL ONLINE TERPERCAYA Dengan 11 pasaran togel online resmi dan 21 jenis permainan Livegame yang bisa anda nikmati dalam 1 ID.

    Bonus yang di berikan MAWARTOTO :
    - Bonus Deposit Member Baru 10% + 10 ribu
    - Bonus Setiap Deposit 5%
    - Bonus Cashback Livegame 5%
    - Bonus Refferal 10% ( Di ambil dari deposit pertama teman yang anda ajak )
    - Bonus Refferal Togel 1%

    Info lebih lanjut Hubungi Kami di :
    Website : MAWARTOTO
    WHATSAPP : +6281315938768

    BACA JUGA PREDIKSI TOGEL KAMI & ARTIKEL MENARIK TENTANG CARA MENANG TOGEL :
    SITUS PREDIKSI : PREDIKSIMAWAR
    ARTIKEL TOGEL : SITUS TOGEL ONLINE TERPERCAYA

    ReplyDelete
  22. kaskustoto merupakan Agent togel online resmi,aman dan terpercaya dengan banyak pasaran seperti singapore dan hongkong.
    bonus dan diskon terbesar tersedia di http://162.0.236.37/, berlaku disemua pasaran togel di ASIA.
    informasi selanjutnya silahkan kunjungi www.kaskustoto.vip
    whatsapp 081290644871

    ReplyDelete
  23. WELCOME TO KASKUSTOTO
    COME AND JOIN US

    ✔️New Member 10% Up to Rp 100,000
    ✔️Bonus Deposit Harian Togel Rp 5,000
    ✔️Bonus Harian Livegame Casino 5%
    ✔️Bonus Cashback Kekalahan 2% - 10%
    ✔️Bonus Referral 1%
    ✔️Hadiah x70 x400 x3000 & Discount Max 29% | 59% | 66%
    ✔️Minimal Deposit Rp 10,000
    ✔️Minimal Bet Rp 100

    INFO KLIK: https://bit.ly/34pHUyP

    ReplyDelete
  24. Menyediakan lengkap informasi data togel online, data paito togel online, data JP PAUS togel online dan prediksi jitu togel online.

    ReplyDelete
  25. SALAM JACPOT BOSKU ♠️♣️
    --------------------
    Minimal Deposit Rp 10.000
    Deposit Pulsa Telkomsel / XL Tanpa POTONGAN
    Tersedia Pembayaran OVO , GO PAY , DANA
    Dapatkan juga Bonus menarik nya seperti:
    - Bonus Member Baru 30%
    - Bonus Harian 5%
    - Bonus Cashback 0,5%
    - Bonus Referral 20%

    CUSTOMER SERVICE ONLINE 24 JAM
    Hubungi Kontak Kami
    ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣πŸ“² Kontak WA : +85593927879
    🏠 WWW.DHLPOKER. COM

    LINK DAFTAR : https://bit.ly/3nFit3O

    ReplyDelete
  26. Bintaro88 - Merupakan Situs Judi Online resmi di Indonesia yang menyediakan permainan judi online dengan berbagai provider terkenal seperti SBOBET, Pragmatic Play, Joker Gaming, RTG Slot, Spadegaming, ION Casino, Hanabero, Slot88, IDN serta berbagai Provider game judi online yang pastinya sudah ternama di Asia dan Seluruh Indonesia. Anda bisa bermain berbagai macam slot online, casino, poker dan taruhan bola SBOBET sebagai pilihan untuk taruhan judi online

    Mari Bergabung bersama kami di Bintaro88

    ✔️Bonus New Member 30% (All Game) WD TO x10 Min. deposit 100rb
    ✔️Bonus Harian 10% (All Game) WD TO x5 Min. deposit 100rb
    ✔️Tersedia Deposit Via Pulsa potongan 10%
    ✔️Tersedia Pendaftaran Via bank {BCA-MANDIRI-BNI-BRI-CIMB} & Via E-wallet {DANA-OVO-GOPAY-LINKAJA}

    Ada banyak Event Slot yang tersedia di Bintaro88 :
    - Event Buy freespin 10% & Manual Freespin 20%
    - Event Slot Joker Jewels
    - Event Slot Koi Gate

    Ada Juga Bonus Tambahan yang di sediakan Bintaro88 :
    �� Bonus Rollingan Mingguan
    �� Bonus Cashback Sportbook
    �� Event Cashback Parlay

    Link : https://139.162.9.92/
    Wa : +6281223939983

    ReplyDelete
  27. ABANGDA88 - Situs Judi Slot Online, Agen Bola, Live Casino, Poker Online Teraman.

    ABANGDA88 Situs Judi Online Terpercaya dan Teraman, menyediakan semua permainan Judi Online dalam 1 Akun, seperti Slot Online, Sportbook, Live Casino, Poker, Tembak Ikan. Tersedia deposit via Bank, E-wallet dan Pulsa.

    Gabunglah bersama kami di ABANGDA88

    - Min DP 5RB
    - Depo kilat via BANK, E-wallet & Pulsa
    - Bonus New Member 30% (Semua Permainan)
    - Bonus Deposit harian 10% (Semua Permainan)

    Event Slot & Parlay :
    - Event Freespin Murni 20%
    - Event Buy Freespin 10%
    - Event 3 Koi Jejer
    - Event Joker Jewels
    - Parlay Lose Cashback 100%

    Bonus Mingguan :
    - Bonus Rollingan Slot 0.5%
    - Bonus Rollingan Live Casino 0.5%
    - Bonus Rollingan Poker 0.3%
    - Cashback Sportbook Up To 10%

    Link : https://139.162.19.167/
    Wa : +6281321532447

    ReplyDelete
  28. Lambangbet adalah salah satu situs slot online terbaik di indonesia yang menyediakan daftar dan deposit melalui bank, e-wallet. Deposit pulsa tanpa potongan.
    Tidak ketinggal dengan promo-promo menarik

    BONUS NEW MEMBER 30%
    BONUS DEPOSIT HARIAN 10%
    BONUS ROLLINGAN 0,8%
    EXTRA BONUS LEVEL
    EVENT BUY SPIN 10%
    EVENT FREE SPIN ( MURNI ) 20%
    EVENT JOKER JEWELS 30%
    EVENT KOI GATE 800K UP
    EVENT SWEET BONANZA
    EVENT MIX PARLAY
    MIX PARLAY LOSE1 CASHBACK 100%
    BONUS CASHBACK MINGGUAN ( SPORTBOKK ) 5%

    Info selanjutnya hubungi kami :
    Link Lambangbet : lambang4d.com
    Link Gacor Lambangbet : lambangtoto.com
    Wa Lambangbet : +6281375276178

    #lambangbet #lambangqq #lambang88 #situsslotonline #situsslotterpercaya #situsslotterbaik #slotonline #slotonlineterpercaya #slotonlineterbaik #slotonlineindonesia #slotindonesia #slot2021 #slotpulsa #slotpulsatanpapotongan #agenslot #agenslotonline #agenslotterpercaya #prediksitogel

    ReplyDelete
  29. ABANGDA88 Situs Judi Slot Online Deposit Pulsa Terpercaya

    ABANGDA88 situs judi online terpercaya yang menyediakan banyak permainan dalam 1 akun. ABANGDA88 hadir dalam menyambut pemain dengan provider permainan yang berkualitas seperti pragmatic, habanero, joker, jdb, sbobet, ioncasino, idnplay, 9 gaming dan masih banyak lagi yang tentunya akan membuat pemain merasakan sensasi dalam bermain di ABANGDA88.

    😍 Agent Slot Online Depo Receh Jadi Jutawan (ABANGDA88) 😍

    - Min Depo : Goceng (5rb) πŸ’²
    - Min Wede : Goban (50rb) πŸ’²
    - Depo Via πŸ‘‰ Bank / E - Walet / Pulsa
    - 100% NO ADMIN & NO BOT
    - 100% PLAYER VS PLAYER
    - 100% FAIR PLAY

    πŸ—³ Proses DP dan WD Cepat & Gak Ribet
    πŸ—³ Situs Berlicensi & pagor

    Menyediakan Beragam jenis game online yg di Minati para Pemain Game Online dari semua kalangan terutama Pemanin Receh.

    Tersedia Event SLOT Menarik dan di Minati para Juara Sloter

    - Free Spin 20% Buy Spin 10%
    - Event Special Joker's Jewel
    - Event Koi Jejer
    - Event Cashback Parlay ( LOSE 1 )

    Link Daftar : https://linktr.ee/abangda88
    https://139.162.19.167/

    WhatsApp ABANGDA88 : +6287794045411

    Ayo Buruan Gabung dan Bermain di ABANGDA88 , Tunggu apa lagi bosku 😍. Rasakan Sensasi Gacor dan Sensasional nya bosku 😍

    #ABANGDA8 #slotonline #jokerjewel #aztecgems #ppkm #vaksin #sinovac #sinopharm #gacor #sensational #slotsensational #slotgacor #gacorsensational #pragmatic #jokergaming #jdb #habanero #slotpragmatic #labrisabali #nusapenida #4play #moderna #pulsatanpapotongan #depositpulsa

    ReplyDelete
  30. Terlalu banyak brevet di pa khrisna...harusnya bapak bs jadi wakapolri

    ReplyDelete
  31. #ROMO88 - Agen Slot teraman dan terpercaya tergacor| Deposit E wallet | Agen SBOBET | Agen Slot online Teraman
    ✔ Bonus New member 30%πŸ’²
    ✔ Bonus harian 10%πŸ’²
    ✔ deposit via pulsa dan e walletπŸ’²
    ✔ 1 akun untuk semua permainanπŸ’²
    ✔ Bonus Rollingan setiap minggunya
    ✔ Cashback sportparlay 100%
    ✔ Event free spin dan buy spin
    ✔ Event perkalian Olympus dan starlight princess
    Link daftar : https://romo86.com/desktop/home
    GRUP FB : https://www.facebook.com/groups/1190977431472596/?ref=share_group_link
    WA: +62 821-6110-4816
    #ROMO88 #Terpercaya #Teraman #Maxwin #Olympus #pragmatic #jokerjewels #citayam #scbd
    #bonge #jeje #depositpulsa #viral #poker #toto #fhasionweek

    ReplyDelete