Thursday, November 1, 2012

MARCHING BAND TARUNA AKADEMI KEPOLISIAN MEMUKAU PUBLIK TOKYO, JEPANG






Pada awalnya dengan di fasilitasi oleh pihak Div Hubinter Mabes Polri yang diwakili oleh Kombes Pol Drs Rusno dan AKBP Amur Chandra, S. Ik, Drum Corps Akademi Kepolisian mendapatkan undangan dari salah satu koran terkenal di negeri sakura yaitu Mainichi Shinbum (koran:red) untuk mengikuti kegiatan 17th World Police Band Concert yang diselenggarakan di Tokyo Jepang. World Police Band Conncert yang telah diadakan selama tujuh belas kali diikuti oleh beberapa negara didunia.

Pada kesempatan kali ini, diikuti oleh lima negara diantaranya: 1. Kepolisian Metropolitan Tokyo, Jepang 2. NYPD ( New York Police Departement) Drum Line, Amerika Serikat 3. Kepolisian  Negara Korea Selatan 4. Kepolisian Negara Vietnam 5. Indonesia yang diwakili oleh Drum Corps Cendrawasih Akademi Kepolisian. Konser ini merupakan konser pertama kali yang diikuti oleh Indonesia, sedangkan para peserta dari negara lain sudah rutin mengikuti konser dari kali pertama hingga yang ke tujuh belas kalinya.

Yang lebih membanggakan lagi adalah peserta dari negara lain merupakan para anggota polisi yang sudah aktif bekerja dan bertugas di Korps Musik, sedangkan Indonesia diwakili oleh 45 taruna Akademi Kepolisian yang statusnya masih mengikuti pendidikan. Konser ini juga diadakan bertepatan untuk memperingati ulang tahun ke-140 koran Tokyo Shinbum. Kemudian perwakilan dari Mainichi datang ke Akademi Kepolisian untuk melihat penampilan Drum Korps Cendrwasih Akademi Kepolisian yang merupakan drum band terbesar se- Asia Tenggara. Mereka pun sangat antusias melihat penampilan Drum Corps Akpol tersebut.
Kemudian terpilihlah 45 taruna dari Detasemen 45 Budi Luhur Bhayangkara untuk mewakili Indonesia diajang Wold Police Band Concert ke -17 di Tokyo, Jepang. Momen ini merupakan penampilan perdana Drum Corps Cendrawasih di kancah internasional. Ini merupakan momen yang sangat berharga dan langka.


Sejak bulan Agustus 201, tim yang dikenal dengan nama Tim 45 Jepang melakukan latihan intensif untuk mengikuti ajang ini. Pagi,siang, dan malam Tim 45 Jepang melakukan latihan dengan serius dengan niat untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia khususnya Drum Corps Cendrawasih Akademi Kepolisian di mata Internasional.

Keberangkatan dimulai dengan menggunakan bus menuju Jakarta pada tanggal 26 Oktober 2012 untuk transit di TMC Polda Metro Jaya. Tepat  keesokan harinya pada pukul 21.15 WIB  tim Drum Corps Cendrawasih Akademi Kepolisian yang dipimpin oleh ketua rombongan Gubernur Akademi Kepolisian. Irjen. Pol. Drs. Anang Iskandar  didampingi  5 offisial yaitu AKBP Aby Nursetyanto, SIK, AKBP. Widi Atmoko, SIK , AKP. Yudha Baskoro,SIK ,  AKP. Wahyu, dan Tigor Hamonangan Siregar (Head Coach of Drum Corps) beserta 45 taruna taruni Akademi Kepolisian melakukan penerbangan ke negeri sakura selam 8 jam perjalanan.

Mereka tiba di Bandara Internasional Narita pukul 6.30 waktu setempat. Mereka pun dijemput oleh dua orang official dari Mainichi Shinbun yaitu, Mr. Akira dan Mr. Hiro. Lalu rombongan pun melakukan makan siang bersama di Art Hotel. Selanjutnya, rombongan pun dibawa ke penginapan di Tokyo Prince Hotel yang jaraknya sangat dekat dengan Tokyo Tower. Setelah melakukan istirahat sejenak rombongan pun melakukan makan malam bersama di Washington Hotel. Kemudian, rombongan dipersilahkan untuk melakukan istirahat dan persiapan untuk penampilan Kirab Drum Corps Cendrwasih Akpol di Ginza, Tokyo.

Pada pukul 10.30 World Police Band Concert dinyatakan dibuka dan Akademi Kepolisian Republik Indonesia menempati posisi paling akhir dalam urutan parade, yaitu urutan kesepuluh. Antusiasme warga Tokyo, meski diguyur hujan sangatlah tinggi untuk menyaksikan penampilan Drum Corps Cendrawasih Akademi Kepolisian. Masyarakat Tokyo sangat terapana menyaksikan atraksi dari Stick Master yang melakukan putaran dan lemparan yang melampaui Fly Over  di Jalan Ginza. Penampilan pun diakhiri dengan penghormatan Voluntary dihadapan seluruh masyarakat Tokyo dibawah guyuran hujan yang cukup lebat. Alhasil keesokan harinya Drum Corps Cendrawasih Akademi Kepolisian menempati Headline News di koran Tokyo. 

Sumbangan tulisan: Taruna Akpol BST Herdi Pratama

No comments:

Post a Comment

Post a Comment