Thursday, October 11, 2012

Bedu dan Sapu Kotor..


Suatu sore, suatu hari, suatu bulan, ditahun 1993..

Si Bedu mau membersihkan ruang kerjanya di Polsek., tapi dilihatnya hanya sapu-sapu yang kotor yang ada didekat kamar mandi..

Bedu teringat cerita nenek tentang sapu-sapu yang kotor sebaiknya jangan digunakan kecuali keadaan sudah sangat kotor.

Nenek si bedu selalu membersihkan dulu sapu-sapu tersebut sebelum digunakan.
Kadang si nenek terpaksa  membongkar ikatan sapu tersebut karena katanya itu akan lebih baik, dan beliau mendapatkan sapu yang bersih kemudian..

Sang nenek membuang bagian yang mengotori sapu tersebut,  jika memang sudah mengerak.

Bedu kembali memandangi sapu-sapu kotornya pagi itu. Kadang Bedu kerap  saja ada tanya bagaimana sapu-sapu tersebut dibuat.. Dipandanginya sapu tersebut dan mencoba mengira-ngira bagaimana cara pemakaiannya apabila kondisinya begitu kotor?

Bedu sadar, selama ini dia kurang dalam merawat sapu-sapu tersebut.. Sebenarnya dia butuh sapu itu, namun tentu saja Bedu tidak ingin menggunakan sapu yang kotor

Membayangkan si pembuat sapu, pasti sulit membuat sapu seperti itu, tapi bisa saja perajin sapu selalu ingin untung, maka dibuatlah sapu yang asal-asalan karena tekhnologi dan kreativitas yang kurang... Atau memang barangkali si pembuat sapu tidak menemukan ijuk yang baik, sehingga sapu itu mudah kotor? Atau memang sapu itu cuma satu-satunya alat bersih-bersih dikantor ini?

Oalah,, dipandanginya kembali sapu-sapu kotor tersebut.. Masih juga si Bedu belum mulai bergerak. Bedu yakin, sapu itu bersih dulunya cuma karena si sapu terlalu sering dipakai
dan diabaikan olehnya. Bedu sadar sapu-sapu itu dia lupakan sehingga tak ada perawatan dan pengawasan. Sapu itu terlalu sering dipakai oleh siapa saja di kantornya, hingga tak ada yang peduli...

jadilah sapu yang kotor, yang bahkan bisa mengotori lantai yang akan dia bersihkan...

sapu-sapu kotor, jika telah begini
adakah solusi? Beli baru....?

Tapi Bedu sayang dengan sapunya, dia sangat yakin, bahwa sapu ini sangat banyak gunanya. Sapu ini kotor bukan karena dia kotor. Dia kotor karena memang dia terlalu banyak dipakai untuk membersihkan semua tempat dari mulai ruangan kapolsek, ruangan umum, penjagaan sampai halaman... dan Bedu yakin, pasti si PHL Polsek lupa membersihkan sapu itu.. 

Bedu membayangkan, pantaslah sapu dirumah dinas nya lumayan bersih. Oh sungguh sapu yang terawat.. karena sapu itu terbuat dari plastik dan digunakan untuk fungsi yang berbeda-beda. Ada sapu khusus kamar, ada sapu khuss ruang umum., ada sapu khusus dapur, dan ada sapu khusus halaman..

Akhirnya..
Bedu mengambil sapu itu, dan dibersihkannya sendiri sapu itu dengan seember air... Sambil bergumam dalam hati..; "nasibmu sapu polsek.."

Mudah-mudahan sapu ini tetep berguna, sepanjang kita selalu merawatnya...


2 comments:

  1. Izin share kmandan.., maknanya dalam skali...

    ReplyDelete
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete