Mohon berkenan saya sharing tulisan saya berupa rangkuman dari
buku GEGER KALIJODO, yang pernah saya tulis beberapa tahun yang lalu. Tulisan
ini adalah sumbangan masukan saya atas pancingan pertanyaan Bapak Ronny Sompie
berkaitan dengan bagaimana menangani konflik yang mewabah di Indonesia.
Pendekatan penulisan ini merupakan hasil dari pengalaman saya menangani konflik
di Kawasan Kalijodo dan berbagai wilayah lain dan juga didasari pada landasan
ilmiah yang menjadi dasar thesis saya di S2 KIK UI tahun 2002 yang lalu.
Sebagai gambaran, kawasan Kalijodo yang dulu merupakan kawasan paling rawan di
Jakarta Utara, sekarang menjadi kawasan yang cukup aman dengan gangguan
kriminalitas yang tidak terlalu tinggi.
Pendekatan penanganan konflik yang kami kemukakan dalam buku
kami ini, intinya bagaimana kita memahami bahwa Konflik tersebut merupakan
sebuah perluasan dari aksi-aksi fisik dalam rangka memperebutkan sumberdaya.
Tidak bisa dipungkiri bahwa memperebutkan sumberdaya yang terbatas adalah dasar
dari interaksi individu maupun kelompok dalam sebuah lingkungan masyarakat.
Pendekatan penanganan konflik secara ilmiah ini juga kami
terapkan dalam merencanakan perencanaan Misi Perdamaian PBB di berbagai wilayah
konflik di dunia, dan diterima oleh Police Division pada Markas Besar PBB
sebagai sebuah alternatif solusi dalam melaksanakan pemolisian di daerah misi
perdamaian PBB saat ini.
Agak panjang dan sepertinya terlalu ilmiah, tapi lumayan buat
bahan bacaan sambil menunggu berbuka puasa di Indonesia sana.. Saya mengirim
saat ini jam 2 pagi waktu New York, sambil menunggu waktu subuh disini...
KONFLIK SOSIAL, PELAJARAN DARI BERBAGAI KONFLIK YANG TERJADI DI
INDONESIA
Di Indonesia hidup berbagai ragam etnik dan sukubangsa, yang mendiami pulau-pulau yang membujujur dari Sabang sampai Merauke. Keberadaan dan keragaman etnik ini merupakan warisan dai kerajaan-kerajaan lama. Harsya Bachtiar (1976) menyebutkan Indonesia sebenarnya terdiri dari nation-nation lama yang kemudian terintegrasi kedalam nation Indonesi. Berbagai kelompok etnik dan suku bangsa merupakan tulangpunggung bagi keberadaan nasion Indonesia.
Sependapat dengan Bachtiar, Antropolog Parsudi Suparlan, berpendapat bahwa sebagai sebuah bangsa, Indonesia merupakan sebuah satuan masyarakat terdiri atas masyarakat suku bangsa yang secara bersama-sama mewujudkan diri sebagai satu bangsa atau nation. Suparlan (1979) menjelaskan mengenai suku-suku bangsa yang ada di Indonesia sebagai berikut:
Di Indonesia hidup berbagai ragam etnik dan sukubangsa, yang mendiami pulau-pulau yang membujujur dari Sabang sampai Merauke. Keberadaan dan keragaman etnik ini merupakan warisan dai kerajaan-kerajaan lama. Harsya Bachtiar (1976) menyebutkan Indonesia sebenarnya terdiri dari nation-nation lama yang kemudian terintegrasi kedalam nation Indonesi. Berbagai kelompok etnik dan suku bangsa merupakan tulangpunggung bagi keberadaan nasion Indonesia.
Sependapat dengan Bachtiar, Antropolog Parsudi Suparlan, berpendapat bahwa sebagai sebuah bangsa, Indonesia merupakan sebuah satuan masyarakat terdiri atas masyarakat suku bangsa yang secara bersama-sama mewujudkan diri sebagai satu bangsa atau nation. Suparlan (1979) menjelaskan mengenai suku-suku bangsa yang ada di Indonesia sebagai berikut:
Suku-suku bangsa di Indonesia, telah ada sejak sebelum tercetusnya Proklamasi kemerdekaan Indonesia, yang menandai keberadaan bangsa Indonesia. Masing-masing suku bangsa menempati wilayah yang secara turun temurun mereka akui sebagai wilayah tempat sumber-sumber kehidupan mereka yang menjadi haknya dan yang mana hak tersebut diakui oleh suku bangsa lainnya.
Masing-masing suku bangsa mengembangkan kebudayaannya sesuai dengan corak potensi-potensi sumberdaya dalam lingkungan hidup masing-masing dan sesuai dengan tema-tema budaya atau pandangan hidup dan etos yang dipunyai. Oleh karena itu masing-masing suku bangsa mempunyai corak kebudayaan yang berbeda satu dengan lainnya.
Perbedaan kebudayaan antar satu suku bangsa dengan suku bangsa lainnya bukan hanya terwujud secara horizontal, yang artinya satu sama lain berbeda dan tidak dapat saling memahami. Akan tetapi perbedaan kebudayaan tersebut juga dapat dilihat secara vertikal, yang berarti ada yang masih hidup dengan sistem ekonomi dan teknologi sederhana dengan hidup dari mengumpulkan dan memanfaatkan hasil hutan serta bertani diladang berpindah secara rotasi. Dipihak lain, sudah ada masyarakat-masyarakat suku bangsa yang sudah mengenal sistem feodal atau kerajaan yang terpusat kekuasaannya didaerah perkotaan.
Pola hubungan antar suku bergerak secara dinamis, terutama dikawasan-kawasan perdagangan, didaerah pesisir pantai. Di kota-kota inilah beragam etnik bertemu. Selain dalam bidang perdagangan, interaksi yang semakin intensif berlangsung dalam berbagai kegiatan sosial. Hal inilah yang membuat tempat-tempat umum menjadi penting keberadaannya sebagai wadah untuk mengakomodasi perbedaan-perbedaan yang ada, serta sebagai perantara yang menjembatani hubungan antar sukubangsa.
Interaksi berlangsung lebih erat dengan kesamaan bahasa yang mereka gunakan sehari-hari, yaitu bahasa melayu. Bahasa ini secara efektif menjadi meditor perbedaan bahasa ibu masing-masing etnik, khususnya dalam beragam transaksi dipasar, karena itulah kemudiian bahasa melayu disebut sebagai Lingua Franca. Dalam masa pergerakan nasional, saat senmangat kebangsaan, menjadi ideologi baru untuk bersatu. Dipelopori oleh para pemuda terpelajar dari berbagai etnis di negeri Jajahan Belanda, pada 28 Oktober 1928 lahir suatu kontrak sosial pertama antar kelompok sukubangsa, dalam satu ikatan tanah air, bangsa, dan bahasa, yaitu Indonesia. Momentum penting yangs sangat menentukan perjalanan sosial politik bangsa itu, kemudian dikenal sebagai sumpah Pemuda.
BEBERAPA TEORI DAN PERMASALAHAN MENJADI BANGSA INDONESIA
Para pendiri bangsa ini menyadari, bahwa bangsa Indonesia terdiri dari keanekaragamanetnis dan suku bangsa. Karena itulah jauh-jauh hari The Founding father mencoba merumuskan ciri kebangsaan dari berbagai teori yang ada. Beberapa pemikir barat yang sering dikutip mereka dalam ruang-ruang diskusi dan perdebatan, salah satunya pendapat pemikir Perancis, Ernest Renan, adalah yang paling popular dikalangan kaum pergerakan. Renan memberikan gambaran tentang bangsa dalam satu pertanyaan Qu’est Ce Qu;une nation? Pertanyaan yang ia ajukan itu kemudian dijawabnya sendiri, bahwa bangsa itu dibentuk atas keinginan bersatu: Le Desir d’etre ensamble, serta kesediaan untuk bersama-sama berkorban. Pernyataan Renan yang masyur itu, ia sampaikan dimuka sidang Akademi Perancis pada tanggal 11 Maret 1882.
Agar bangsa baru segera lahir, maka haruslah ada sifat yang mendorong persatuan itu. Misalnya: Segala fakta kepehlawanan dimasa silam, penderitaan bersama dan kesediaan berkorban dihari depan dengan syarat-syarat ini, maka Rena merumuskan apa yang dinamainya Negara-negara atau nation: Suatu setia kawan yang luas mendalam dan berdasarkan pengorbanan dan kesadaran yang telah ditaburkan serta bersedia pula akan ditaburkan. Oleh karena itu, bangsa Negara ialah suatu ikatan jiwa.
Pikiran Renan hidup sampai akhit abad ke-19 dan diikuti oleh pemikir abad ke-20, diantaranya Lothrop Stodart. Stodard adalah penulis buku “kebangkitan ras kulit berwarna”, yang terkenal mampu mengilhami bangsa-bangsa di Asia dan Afrika lepas dari belenggu colonialisme barat.
Pendapat lain, adalah dari pemikir Jerman, Otto Baeur. Ia mendefinisikan suatu bangsa dengan mengatakan Was ist eine Nation? Pertanyaan ini di jawab Eine Nation ist eine aus schicsagemeinschaft erwachsene Chakterge Meinshcaft, suatu bangsa ialah suatu masyarakat ketertiban yang muncul dari masyarakat yang senasib.
Sementara itu, seorang sejarahwan yang ahli mengenai nasionalisme, Hans Kohn memberikan definisi tentang nasionalisme sebagai berikut:
Nasionalisme adalah satu tatapikir dan tata rasa, yang meresapi mayoritas terbesar sesuatu rakyat dan menganggap dirinya meresapi semua anggota rakyat itu. Nasionalisme mengakui Negara nasional sebagai bentuk ideal organisasi politik dan menganggap nasionalitas sebagai sumber bagi tenaga budaya yang kreatif serta kesentosaan ekonomi. Karena itu kesetiaan tertinggi manusia harus ditunjukkan kepada nasionalitasnya, karena hidupnya itu sendiri disangka berakar didalamnya dan kemungkinan oleh kesejahteraannya.
Dari berbagai teori dan pemikiran yang berkembang, para pendiri bangsa kemudian merumuskan sendiri criteria tentang bangsa, sebagai berikut: “Bangsa ditentukan oleh keinsyafan sebagai ‘suatu persekutuan yang tersusun jadi satu, yaitu keinsyafan yang terbit karena percaya atas persamaan nasib dan tujuan. Keinsafan itu bertambah besar oleh karena, sama seperuntungan, malang yang diderita, mujur yang sama didapat, oleh karena jasa bersama, kesengsaraan bersama, pendeknya oleh karena peringatan kepada riwayat bersama yang tertanam didalam hati dan otak.
Di masa lalu, kesadaran baru itu belumlah dapat diterima dan dimengerti oleh segenap penghuni nusantara. Namun, peristiwa lahirnya proklamasi pada 17 Agustus 1945 telah memunculkan kesadaran baru dikalangan kelompok-kelompok etnis yang ada, yakni kesadaran akan sebuah bangsa yang bersatu dan berdaulat. Itu pun hanya pada kalangan tertentu atau para pemimpin golongan etnis. Sementara dikalangan masyarakat kebanyakan kesadaran akan persatuan sebagai sebuah bangsa belum sepenuhnya lahir.
Baru setelah pengakuan kedaulatan oleh Belanda tahun 1949, proses pembentukan masyarakat Indonesia mulai berjalan lancar. Suasana saling mengenal antar berbagai golongan etnis atau proses akunturasi bidaya semakin nampak sejalan dengan usaha-usaha pemerintah ketika itu untuk menyatukan masyarakat Indonesia dengan budayanya yang khas.
Namun, pada kenyataannya, perjalanan menjadi satu bangsa itu tidak berjalan mulus. Beragam perbedaan, jika tidak terus dipelihara, semangat kebangsaan yang kuat dirabuki oleh keadilan dibidang ekonomi, akan menjadi potensi pertentangan.
Pertentang bisa menjadi cepat menjalar jika ada ketidakserasian pandangan tentang nilai-nilai persatuan yang terjadi antara para elit atau tokoh golongan dengan masyarakat yang dipimpinnya. Apalagi pada dasarnya, seperti dikatakan Bachtiar, “Bahwa masyarakat daerah yang berbasis etnis itu masing merupakan apa yang pada jaman pra kemerdekaan disebut sebagai nasion-nasion tersendiri”
Realitas itu pada gilirannya menghambat usaha-usaha ke arah persatuan, sehingga tidak jarang keseragaman emosional dikalangan elit politik saat itu melahirkan perselisihan diantara kelompok etnis. Bahkan kadang-kadang menimbulkan konflik-konflik yang berujung pada gerakan penghancuran terhadap pihak lain.
BERBAGAI KONFLIK MENYANGKUT ETNIS DI INDONESIA
Keberadaan kelompok etnik dan suku bangsa merupakan tulang punggung bagi keberadaan nasion Indonesia. Konflik antar etnik dan melemahnya nation Indonesia sebagai factor pengikat- jika benar nasion Indonesia sudah melemah merupakan masalah besar bagi eksistensi Indonesia. Beberapa pernyataan daerah atau sebagian komunitas etnik seperti Aceh, Riau, dan Irian Jaya mengindikasikan, bahwa nasion Indonesia cenderung melemah, baik sebagai acuan nilai maupun sebagai pusat administratif.
Berbagai pihak menyoroti masalah kerusuhan dan konflik sosial diatas, di anggap sebagai akibat pembangunan di masa Orde Baru dan kegagalan reformasi yang salah dalam menerapkan kebijakan ekonomi, politik, sosial dan budaya, sehingga menimbulkan berbagai masalah pembangunan seperti kemiskinan, kesenjangan ekonomi dan pendapatan, marginalisasi dan lain sebagainya. Sumber-sumber kerusuhan di masa Orde Baru sering dianggap sebagai dampak dari masalah kecemburuan sosial dan ekonomi antara penduduk asli dan pendatang. Sedangkan sumber-sumber kerusuhan dimasa kini lebih banyak terjadi akibat melebarnya proses perebutan sumberdaya dimana masing-masing pihak membawa permasalahan perebutan sumberdaya tersebut kepada permasalahan kelompok.
Pada kurun waktu dua tahun 1998 hingga 2000, struktur masyarakat Indonesia kembali mengalami “pembelahan” sosial, maupun politik atas dasar suku, agama, ras, maupun golongan. Pembelahan ini diperlihatkan oleh kecenderungan kembalinya politik aliran pada masa transisi politik sebagai sebuah identitas, baik politik maupun sosial. Akibat kerapuhan hubungan sosial di beberapa daerah terjadi, bahkan ada yang berkeinginan merdeka. Sementara didaerah-daerah lainnya, kerapuhan hubungan sosial berubah menjadi kerusuhan seperti yang terjadi di Situbondo (1996), Tasikmalaya (1997), Rengasdengklok (19970, Sanggauledo (1997), Karawang-Bekasi (1997), Kupang (1997), Sambas (1999), Mataram (2000), dan lain-lain.
Berbagai pandanganpun berkembang untuk mengungkap konflik sosial yang membakar berbagai daerah di Indonesia selama lima tahun terakhir pada saat itu. Misalnya, teori kultur dominant yang dikembangkan oleh Bruner (Suparlan, 1999), mengasumsikan adanya budaya yang kuat disatu tempat, sehingga budaya-budaya lain yang dibawa para pendatang tunduk dan menyesuaikan diri terhadap kultur dominant. Model kultur dominant ini dapat digunakan untuk menganalisis potensi konflik antar etnik di suatu tempat, terutama bila kutur dominant tersebut tidak ada. Melalui pendekatan ini, Bruner menganalisis potensi konflik beberapa suku bangsa di Bandung dan Medan.
Dalam kasus Bandung, etnik Sunda merupakan kelompok dominant yang menempati posisi-posisi tertentu, baik dalam birokrasi maupun lembaga-lembaga pendidikan. Para pendatang seperti Jawa–menurut Suparlan (1999) menyesuaikan diri dengan kultur dominant. Konflik yang terjadi antara pendatang dengan penduduk asli tidak menyebabkan diaktifkannya suku bangsa (jawa) sebagai acuan dalam menggalang solidaritas sosial.
Hal demikian terutama bagi suku Jawa kelas menengah keatas cenderung mempertahankan kultur Jawa. Mereka dapat mempertahankan kultur Jawa karena posisi-posisi sosial, ekonomi dan politik mereka, sehingga terbebas dari keharusan tunduk pada kultur dominan. Disamping itu, kelompok kelas menengah Jawa di Bandung lebih Kosmopolit dan modern.
Kasus Medan, menurut Bruner (Suparlan, 1999), Berbeda dengan Bandung. Di Medan tidak terdapat kultur dominant. Orang Jawa, sekalipun secara kuantitas mayoritas, bukan merupakan kelompok dominant, karena mereka berada pada posisi kelas menengah ke bawah, sehingga tidak mempunyai kekuatan sosial , ekonomi dan politik. Dengan tidak adanya kultur dominan di Medan Bruner (Suparlan, 1999) menggambarkan, masing-masing suku bangsa menciptakan keteraturan sosial dalam lingkungan masyarakat sukubangsanya. Sedangkan ditempat-tempat umum mereka cenderung saling berkompetisi dengan mengaktifkan masing-masing suka bangsa sebagai instrument untuk menggalang solidaritas sosial.
Seperti hanya Medan, di Jakarta tidak terdapat kultur lokal yang dominant. Etnik Betawi yang merupakan penduduk asli Jakarta bukan merupakan kulrtur dominant. Sebaliknya kultur Betawi menghadapi “serangan” dari berbagai etnik pendatang, sehingga sering dikatakan, kultur Betawi terancam mengalami kepunahan. Karena itu, tidak mengherankan jika MT Arifin (1999) mengkhawatirkan beberapa etnik di Jakarta akan mengaktifkan solidaritas etnik. Mereka mengelompok dalam berbagai etnik, dengan orientasi etnisitas yang cukup tinggi, cenderung eksklusif, dan memiliki streotip (terhadap kelompok lain). Yang menarik ialah, persaingan antar kelompok etnik dan orientasi etnisitas merupakan faktor potensial bagi terjadinya konflik antar kelompok etnik di Jakarta.
Potensi konflik bukan hanya faktor kultural dan orientasi etnisitas yang tinggi, melainkan dipengaruhi oleh berbagai variabel lain, terutama variable sosial ekonomi. Alqadari (1999) dalam menganalisis konflik etnik di Ambon dan Sambas mengemukakan, bahwa variable utama yang mendorong konflik yakni variable ekonomi. Konflik akibat ekonomi di Jakarta, terutama antara penduduk asli dengan pendatang, sangat potensial seperti nampak dalam laporan Habsjah (1999).
Penelitian oleh Indonesia Institute for Civil Society (INCIS) tentang “Hubungan Antar Etnik dan Masalah Kebangsaan di Jakarta”, dengan mengambil sample dari 10 kelompok paguyuban dari berbagai etnik di Indonesia, menunjukkan hanya etnis Aceh dan Papua yang terus menerus bergolak, menunjukkan melamahnya rasa kebangsaan, ini ditunjukkan dengan melemahnya perasaan sebagai bagian Indonesia.
Penelitian INCIS, seperti berbagai penelitian tentang masalah kebangsaan di Indonesia, memang tidak ditujukan untuk melihat konflik antar etnik dalam skala mikro. Bagaimana interaksi antar komunitas berlangsung dilingkungan yang semakin sempit di Jakarta, serta bagaimana pertarungan antar kelompok memperebutkan sumber daya, menjadi pemicu terjadinya konflik sosial.
Jakarta di huni oleh berbagai kelompok etnik yang datang dari berbagai penjuru Indonesia. Karena itu, Jakarta merupakan miniatur yang menggambarkan hubungan antaretnik. Selain itu, berbagai kelompok etnik yang ada di Jakarta secara teoritis akan lebih kosmopolit serta memiliki keterikatan yang lebih tinggi terhadap nation Indonesia. Karena itu, berbagai kelompok etnik di Jakarta dapat menjadi tolak ukur bagi keberadaan berbagai kelompok etnik di daerah lain.
Keberadaan suku bangsa dari berbagai daerah di Jakarta, jika ditelusuri sejarahnya, setua dengan keberadaan kota Jakarta itu sendiri. Namun, secara administratif, pengelompokan masyarakat berdasarkan suku bangsa, baru dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda. Ditandai dengan keberadaan kampung-kampung yang didasarkan oleh kesamaan daerah asal, misalnya kampong Melayu, Kampung Bali, Kampung Bugis, Kampung Ambon, Arab, dll. Sampai saat ini jejak-jejak peninggalan itu masih terlihat diberbagai pelosok Jakarta.
Dimasa lalu, pemerintah kolonial mengupayakan pengelompokan tempat tinggal berdasarkan etnis sebagi bagian dari strategi pecah belah (devide et impera), ini dilakukan untuk mempertahankan kekuasaannya ditanah jajahan nusantara. Sejalan dengan berputarnya waktu, perkembangan sebagai akibat dari asmilasi, akulturasi yang berjalan secara alamiah pembaruan pun berlangsung. Walaupun masih ada upaya mempertahankan tradisi dari setiap komunitas warga, namun hubungan sosial mereka dengan komunitas etnis lain berjalan dengan baik dan dapat hidup berdampingan dengan rukun.
Walaupun demikian, kehidupan antar etnis di Jakrta, bukan tanpa riak-riak. Beberapa kasus menunjukkan adanya pertentangan antar kelompok warga yang berbeda asal daerahnya, walaupun dari sekian banyak peristiwa tersebut, tidak ada satupun kerusuhan antar kelompok di Jakrta dipicu oleh perbedaan etnis.
Perkelahian antar kelompok masyarakat yang berbeda etnik
sering kali disebabkan oleh perebutan sumber daya ekonomi. Jumlah penduduk
Jakarta yang sangat padat sedangkan jumlah sumber daya yang diperebutkan
semakin menipis, membuat gesekan lebih sering terjadi. Hal ini dapat dilihat
dari seringnya konflik yang terjadi di sentra-sentra bisnis seperti pasar,
sekitar mall, dan didekat tempat hiburan, seperti bar, karaoke, dll.
Namun, dari sekian banyak kasus perkelahian dalam skala besar, biasanya kasus-kasus tawuran warga yang berbeda etnik selalu diawali dengan tindak penganiayaannya. Apabila kasus yang awalnya adalah persoalan kecil ini ditangani dengan baik, terutama oleh aparat keamanan, niscaya kasusnya tidak akan menjadi besar dan rumit.
Dari pandangan psikologi sosial, berkumpulnya manusia dalam tempat yang sempit, dapat menyebabkan gesekan sosial yang tak terelakkan. Apalagi gejala komunitas kota adalah adanya kecenderungan masyarakat massa (mass society) dimana individu kehilangan identitas pribadinya; individu tidak lagi mampu membuat putusan-putusan secara pribadi, melainkan bertindak menurut dorongan masa; individu cenderung kehilangan cipta, rasa dan karsa sendiri, atau seperti dikatakan oleh Daldjoeni, terjadi “kekosongan budaya”.
BERBAGAI FENOMENA KONFLIK DAN PERAN KEPOLISIAN
Dari berbagai konflik yang terjadi, keterlibatan aparat keamanan, sering kali diperankan sebagai pemadam kebakaran. Padahal dalam skala yang lebih kecil, keberadaan aparat kemanan yang langsung menangani masalah sangat efektif untuk meredam konflik berkembang menjadi masalah besar.
Menangani konflik bukanlah hal yang mudah seperti membalik tangan. Perlu seni dan pendekatan yang tepat agar suatu konflik dapat diatasi tanpa menimbulkan korban yang lebih besar dan sebisa mungkin dengan tanpa kekuatan dan kekerasan. Dalam kebudayaan feodal, segala konflik diatasi dengan memakai kekuasaan yang dimiliki oleh segelintir orang dan dengan kekerasan yang dianggap sebagai wewenangnya. Dalam perubahan budaya demokratis yang terjadi dewasa ini di Indonesia, maka dalam mengatasi konflik kita dituntut untuk mengedepankan upaya keterbukaan bagi semua pihak yang terlibat dan berkepentingan dalam konflik untuk mencari jalan keluar tanpa main kuasa. Ada empat hal yang dapat diperkenalkan sebagai unsur yang berperan besar dalam mengatasi konflik, yaitu:
1. Memahami inti konflik, yakni dimana letak sumber konflik atau kepentingan mana yang diperjuangkan oleh siapa (unsur pengetahuan)
2. Menghayati nilai-nilai yang hidup bersama; mengakui pegangan-pegangan nilai yang menjamin kehidupan bersama seperti hukum serta penegakkannya, hak-hak dasar, pengakuan martabat setiap orang, dsb (unsur kebersamaan nilai)
3. Kesadaran dan kemauan untuk tunduk pada nilai-nilai yang diakui bersama, sikap pertobatan bila perlu (unsur sikap baik sikap pribadi maupun kelompok)
4. Melibatkan segala pihak yang berkepentingan dalam penyelesaian suatu konflik sambil memberdayakan masing-masing pihak supaya mampu mengambil peranan seperlunya (unsur partisipasi)
Problemnya bahwa keempat unsur tersebut belum dapat dilaksanakan apabila tensi konflik masih dalam temperatur yang tinggi dimana sikap saling mengalahkan, saling merusak, saling menghancurkan bahkan saling menyakiti dan saling membunuh masih terjadi. Untuk itu sebagaimana ilmu yang dikembangkan oleh dunia kedokteran, maka peran kepolisian menjadi mengemuka dalam rangka meredakan gejala (symptom) yang terjadi sehingga pihak yang berkait dengan penylesaian konflik dapat menjalankan perannya.
Terjadinya konflik secara sederhana dimulai dari adanya Potensi konflik yang ada dan berkembang ditengah-tengah masyarakat. Potensi konflik tersebut bisa apa saja, namun pada prinsipnya potensi konflik selalu diakibatkan oleh adanya sebuah sumberdaya yang seharusnya dikelola menurut cara yang dapat diterima oleh norma dan budaya serta aturan yang berlaku umum. Bila potensi konflik tersebut (sumber daya yang diperebutkan) tidak dapat terkelola dengan baik, maka akan muncul berbagai friksi atau gesekan antar berbagai kelompok masyarakat dalam upayanya meraih sumberdaya demi kelangsungan kepentingan masing-masing pihak.
Berbagai friksi itu bisa bermula dari adanya prasangka antar pihak baik yang bersifat individual maupun kelompok. Dikemudian hari apabila ada satu pemicu saja yang terlambat diatasi oleh pihak keamanan, maka potensi konflik tersebut dapat dengan cepat terbakar menjadi api agresivitas antar individu dan kelompok dan pada akhirnya akan sulit dipadamkan karena sudah menimbulkan korban dimana-mana. Ketika korban sudah berjatuhan, kalaupun api itu dapat dipadamkan, namun bara dan sekam dendam tetap membara dan dapat menjadi bahan bakar baru yang lebih panas dan menghanguskan.
Disini terlihat, bahwa kecepatan aparat keamanan memadamkan api pemicu sangat diperlukan. Sedikit pemicu, bila dibiarkan sama saja dengan kita dianggap melakukan pembiaran akan terjadinya sebuah konflik. Kadang-kadang aparat tidak menyadari bahwa kecepatan, ketepatan dan keakuratan mengambil keputusan dilapangan akan berdampak besar dalam mencegah terjadinya akibat yang tidak diinginkan.
Dalam dunia kedokteran dikenal adanya teknik diagnosa penyakit, dimana pada saat pasien datang ke seorang dokter maka sebuah penyakit akan terlebih dahulu di diagnosa dari gejala-gejala yang ditimbulkannya melalui pengamatan secara langsung terhadap bagian-bagian tubuh tertentu (mata, lidah, suhu, telinga detak jantung dsb). Beberapa gejala yang timbul akibat sebuah penyakit biasanya dapat menyebabkan tubuh menjadi demam (panas atau suhu tubuh yang berubah rubah dan tidak normal antara panas atau dingin), pusing, mata berair, mulut pahit dan sebagainya.
Upaya yang dilakukan oleh seorang dokter dalam mengatasi penyakit tersebut biasanya adalah berupaya semaksimal mungkin mengembalikan kondisi pasien dalam kondisi yang ideal atau seharusnya. Oleh karenanya maka tidaklah mengherankan apabila dalam beberapa hari awal kedatangan pasien ke dokter mereka hanya diberi obat penurun panas atau penghilang gejala saja. Namun dalam kesempatan tersebut dokter juga mengatakan kepada pasiennya agar kembali kepadanya apabila dalam kurun waktu tertentu panas atau gejala yang timbul dalam diri sang pasien tidak menunjukan efek perubahan kearah yang normal.
Kesemua langkah yang dilakukan oleh dokter tersebut sebenarnya masih bersifat “peredaman” terhadap gejala awal penyakit saja. Apabila peredaman tersebut efektif dan tidak ada penyakit yang lebih inti, maka kesehatan pasien akan dengan sendirinya menjadi pulih. Disisi lain apabila penyakit pasien ternyata lebih parah dari yang ada, maka dokter akan melakukan berbagai langkah lanjutan yang sifatnya memerlukan diagnosa lanjutan dan perlu teknik dan alat khusus (laboratories) serta kemampuan khusus untuk melakukannya. Demikian pula halnya dengan upaya penyembuhan lanjutan, maka juga perlu ada obat dan tindakan khusus oleh dokter yang lebih ahli sehinggak inti maslaah dari penyakit pasien dapat diketahui dan diobati.
Demikan pula halnya dengan peran Polri dalam penyelesaian konflik, dimana Polri berdasarkan tataran wewenang yang diberikan oleh undang-undang baik undang-undang No 2 Tahun 2002 serta KUHAP dan peraturan perundang-undangan lainnya mempunyai wewenang dalam berbagai tingkatan dalam rangka mencegah dan mengatasi terjadinya konflik. Dalam tataran yang lebih luas, maka pencegahan sejak dini dapat dilakukan dengan kemampuan untuk membaca gejala konflik sebagaimana berbagai teori dasar yang telah dipelajari sebelumnya. Kemampuan petugas-petugas sejak dini membaca gejala konflik sangat diperlukan. Namun lebih daripada itu, manakala gejala sudah diketahui, maka menjadi penting bagi petugas-petugas Polri untuk melakukan langkah-langkah kongkrit bersama elemen-elemen terkait baik masyarakat maupun pemerintah untuk bersama-sama menghindari agar potensi konflik itu dapat diredam dan tidak muncul ke permukaan.
Dalam hal ini dengan kemampuan Perpolisian masyarakat yang sudah dan sedang dikembangkan, maka petugas-petugas polri dapat berperan secara proaktif ditengah-tengah masyarakat untuk selalu berada didepan, ditengah dan disamping serta dibelakang mereka dalam rangka mengelola keempat unsur yang telah disampaikan diatas. Pengelolaan akan unsur-unsur tersebut akan berdampak kepada upaya penyehatan sebuah komunitas dan mengajak mereka untuk lebih beradab dalam menangani perbedaan kepentingan yang terjadi ditengah-tengah mereka.
Disisi lain, apabila sebuah konflik sudah terjadi dan berdampak secara komunal dimana konflik tersebut berkembang kearah upaya penghancuran satu pihak oleh pihak yang lain, maka peran polisi menjadi lebih signifikan dalam rangka mengatasinya. Sebagaimana langkah yang dilakukan oleh sang dokter tadi, maka tiada lain harus ada upaya dalam meredam gejala/ symptom yang ada terlebih dahulu sebelum sang pasien mendapatkan pengobatan lanjutan guna menyembuhkan penyakitnya secara tuntas. oleh karenannya dengan fungsinya sebagai salah satu fungsi pemerintahan Negara dibidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakkan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat maka Polri harus memainkan perannya tersebut melalui langkah-langkah penghentian penghancuran tadi dengan menggunakan berbagai kewenangan yang dimiliki.
KESIMPULAN
Sejarah panjang menjadi bangsa Indonesia telah membentuk karaketristik bangsa Indonesia yang kaya dengan keragaman. Berbagai keragaman itu juga membentuk karakteristik keragaman kepentingan yang dapat menjadi potensi konflik di Indonesia. Kedewasaan kepolisian dalam menangani berbagai konflik yang ada dapat berpengaruh besar dalam meredam konflik-konflik yang ada. Oleh karena itu pemahaman kita akan berbagai potensi konflik yang ada dapat memberikan kontribusi yang luar biasa bagi penanganan konflik secara keseluruhan.
Disisi lain, bahwa aparat penegak hukum bukanlah satu-satunya alat yang mampu menghentikan konflik, karena sejatinya konflik hanyalah muara dari berbagai permasalahan dihulu. Peredaman konflik adalah masalah kita bersama dengan cara-cara yang beradab untuk duduk bersama menyelesaikan berbagai permasalahan demi kepentingan yang lebih luas. Untuk itu berbagai norma, aturan dan tatacara yang dilakukan dalam menghentikan konflik harus selalu dikembangkan dengan mempedomani kepada berbagai azas yang memberikan penghormatan dan penghargaan kepada hak dan tanggung jawab masing-masing pihak.
No comments:
Post a Comment